Sukses

Beragam Gelar Seni Semarakkan Festival Tugu

Dalam rangkaian HUT Kota Jakarta, Festival Kampung Tugu turut diselenggarakan dengan meriah.

Liputan6.com, Jakarta: Festival Kampung Tugu digelar dalam rangkaian Hari Ulang Tahun ke-484 Kota Jakarta, Sabtu (12/6). Festival itu menampilkan beragam pertunjukan seni. Di antaranya tari Romerus De Tugu yang merupakan tarian pergaulan menyambut kedatangan para tamu, termasuk kedatangan Duta Besar Portugis Carlos Frota di Kampung Tugu, Tanjungpriok, Jakarta Utara.

Menurut Ketua Ikatan Keluarga Besar Tugu Andre Michiels, tak hanya tarian, akulturasi budaya antara Indonesia dan Portugis juga sangat kuat terjadi di kampung ini. Hal itu termasuk lahirnya Keroncong Tugu yang kini mulai ditekuni generasi muda Komunitas Tugu.

Kampung Tugu merupakan saksi sejarah kedatangan Portugis di Indonesia, lima abad lampau. Hingga kini Gereja Tugu masih berdiri dan ratusan keturunan Portugis pun masih tinggal di sekitarnya.(TOW/ANS)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini