Sukses

Pijat Khusus untuk Kuda

Di Sidoarjo, Jawa Timur, ada juga panti pijat khusus untuk hewan kuda. Adalah Abdul Manaf, sosok yang menekuni profesi sebagai pemijat kuda peliharaan.

Liputan6.com, Sidoarjo: Bagi orang-orang yang memiliki aktivitas tinggi, pijat menjadi alternatif untuk menghilangkan letih. Bagaimana jika kuda yang mengalami keletihan? Di Sidoarjo, Jawa Timur, ada juga panti pijat khusus untuk hewan kuda.

Adalah Abdul Manaf, sosok yang menekuni profesi sebagai pemijat kuda peliharaan. Pekerjaan itu sudah dilakoni Manaf sejak dua tahun yang lalu. Ia terinsipirasi senior-seniornya yang juga pemilik dokar atau andong wisata.
 
Setelah “berguru” dari seniornya, warga Desa Cemeng Bakalan, Sidoarjo, itu membuka jasa pemijatan kuda di rumahnya. Sebelum menerima pemijatan kuda milik orang lain, ia memijat kudanya sendiri.

Alhasil, kudanya tidak pernah sakit atau lelah setelah diajak menarik andong. Sejak itulah, Manaf mulai dipercaya memijat kuda milik teman-temannya.

“Proses pemijatannya, pertama-tama punggung kuda diinjak-injak selama kurang lebih 15 menit. Selanjutnya membasahi kaki kuda dengan air hangat, sekaligus dipijat,” kata Manaf. ”Air yang digunakan tidak boleh terlalu panas, karena dikhawatirkan akan melukai kulit kuda.”

Langkah terakhir, tutur Manaf, menyisiri kuda dengan alat khusus yang terbuat dari besi bergerigi. Tujuannya, untuk menghaluskan bulu kuda. Kini, kuda pun kembali bugar dan siap untuk diajak menarik andong.

Sejauh ini, Manaf tidak pernah mematok harga. Meski begitu, dalam satu minggu ia bisa menerima tiga sampai empat kuda untuk dipijat.(SHA)




* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini