Sukses

Buka Usaha Tanpa Modal

Eno Suparno, warga Halim Perdana Kusuma, Jaktim, mampu menciptakan ratusan alat kesehatan dengan nilai seni berbekal limbah kayu furnitur.

Liputan6.com, Jakarta: Membuat usaha bisa juga dimulai tanpa modal. Hal itu dibuktikan Eno Suparno, warga Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur dengan usahanya yang diberi nama Melati Health. Ia mampu menciptakan ratusan alat kesehatan dengan nilai seni berbekal limbah kayu furnitur. "Untuk dibuat aneka alat pijat badan," tutur Eno di Jakarta, belum lama ini.

Selain berfungsi sebagai alat kesehatan, barang yang juga mengandung nilai artistik itu bisa dijadikan pajangan. Wajar kiranya kayu bertumpuk di kediaman Eno. Dibantu sejumlah karyawan pria separuh baya itu sudah jalani usaha selama 20 tahun. "Dalam proses buatan ini kami memanfaatkan bahan yang ada, lahan yang ada begitu pula orang-orang yang ada."

Dalam memperkerjakan karyawan, Eno tak memandang latar belakang pendidikan. "Yang penting ada kemauan," demikian alasan dia. Dan ia juga sangat memperhatikan kualitas produksinya. Eno menjual barang-barang produksinya melalui berbagai saluran, tak terkecuali lewat sejumlah pameran.

Usaha Eno dilirik sejumlah badan usaha milik negara. Mereka berebut menawarkan modal usaha kepada Eno.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini