Sukses

Khawatir Gas Beracun, Doa Bersama Digelar

Semburan gas beracun disertai gempa bumi yang terjadi di Kawah Timbang di kawasan Pegunungan Dieng sejak akhir Mei lalu masih menimbulkan kekhawatiran bagi warga setempat. Ratusan warga di wilayah Kecamatan Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah, menggelar doa bersama.

Liputan6.com, Banjarnegara: Semburan gas beracun disertai gempa bumi yang terjadi di Kawah Timbang di kawasan Pegunungan Dieng  sejak akhir Mei lalu masih menimbulkan kekawatiran bagi warga setempat. Ratusan warga di wilayah Kecamatan Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah, menggelar doa bersama.

Sedikitnya delapan ratus warga dari berbagai wilayah menggelar acara itu di kompleks Masjid Baitul Mutaqim di Desa Purwajiwa Kecamatan Batur. Diawali shalat berjamaah, acara dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Alquran. Warga berharap dengan menggelar doa bersama segala bahaya akan dijauhkan dan bencana alam semburan gas beracun di Kawah Timbang dapat segera berakhir.

Kawah Timbang yang berada di Desa Sumberejo, Kecamatan Batur, Banjarnegara, telah sepekan ini menyemburkan gas beracun. Semburan gas dari dalam kawah yang saat ini terus terjadi membuat warga resah dan khawatir bila semburan gas terus membesar.

Akibat adanya aktifitas vulkanik di Kawah Timbang, ratusan warga kini meninggalkan rumah dan mengungsi ke tempat pengungsian. Warga juga dilarang melakukan aktivitas dalam radius satu kilometer dari kawah. (YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.