Sukses

Sulitnya Merawat Budaya Betawi

Mendengar nama Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan, tentu kita akan teringat kampung khas dengan budaya betawi. Namun tak mudah memang membuat kawasan khusus di tengah lingkungan Jakarta yang memang heterogen.

Liputan6.com, Jakarta: Mendengar nama Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan, tentu kita akan teringat kampung khas dengan budaya betawi. Kawasan ini memang sejak 1998 diupayakan menjadi cagar budaya Betawi.

Namun tak mudah memang membuat kawasan khusus di tengah lingkungan Jakarta yang memang heterogen. Lihat saja, tak semua rumah di perkampungan ini adalah rumah tradisional Betawi.

Dari segi luas, baru areal sebesar empat hektare milik pemerintah daerah yang siap dijadikan lingkungan cagar budaya dengan kondisi yang menyerupai kampung asli Betawi. Cuma, paling tidak lokasi wisata ini yang banyak menjadi pilihan warga berakhir pekan memberikan keuntungan tersendiri bagi warga setempat.

Mungkin di masa depan bukan hanya cagar budaya ini bisa dikembangkan secara fisik, tapi kebudayaan Betawi dengan kearifan lokalnya bisa kembali mewarnai Jakarta dimulai dari tempat ini. (YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini