Sukses

Dinas Kebudayaan DIY Seleksi Dalang Cilik

Kegiatan pentas wayang dalam cilik ini diikuti delapan peserta dari sejumlah sekolah dasar di wilayah DIY. Peserta seleksi akan dipilih dua orang.

Liputan6.com, Yogyakarta: Dalang cilik dari sejumlah wilayah di Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa (24/5), mengikuti pentas dalang yang digelar Dinas Kebudayaan Provinsi DIY di Ndalem Yudoningrat. Kegiatan ini sebagai ajang seleksi untuk mewakili Yogyakarta dalam Festival Dalang Cilik tingkat nasional yang akan digelar di Jakarta, bulan depan. Peserta seleksi akan dipilih dua orang.

Kegiatan pentas wayang dalam cilik ini diikuti delapan peserta dari sejumlah sekolah dasar di wilayah DIY. Tengok saja Catur, peserta dalang cilik. Meski masih masih duduk di kelas enam sekolah dasar, kedua tangan Catur sangat terampil memainkan gerakan tokoh pewayangan. Suara berganti-ganti saat adegan dialog antartokoh wayang.

Selain memainkan gerakan wayang, yang penting dalam belajar seni pedalangan adalah menghafalkan karakter. Termasuk dialog setiap tokoh wayang. Catur mengaku untuk bisa terampil seperti sekarang, membutuhkan waktu dua tahun.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.