Sukses

Ada Dukun Cilik Juga di Grobogan

Sudarwati, gadis berusia 11 tahun di Desa Jono, Grobogan, Jateng, mampu mengobati berbagai macam penyakit.

Liputan6.com, Grobogan: Fenomena Ponari, dukun cilik di Jombang, Jawa Timur juga muncul di Grobogan, Jawa Tengah. Meski popularitasnya belum sehebat Ponari, Sudarwati, berusia 11 tahun, mampu mengobati berbagai macam penyakit.

Ketika tim Liputan 6 SCTV mendatangi kediaman Sudarwati di Desa Jono, Kecamatan Tawangharjo, belum lama ini, berdatangan ratusan orang untuk berobat setiap hari. Rata-rata pasien datang dari berbagai kota di sekitar Grobogan. Banyaknya pasien yang datang membuat Sudarwati kewalahan. Bahkan putri ke-dua pasangan Kuswantoro dan Lasiyem ini meninggalkan bangku sekolah demi mengobati pasien.

Kemampuan Sudarwati dimiliki berawal saat jatuh dari sepeda onthel. Ketika itu dia tak bisa berjalan dan beberapa kali sempat kesurupan. Dalam kondisi kesurupan, sang bocah menyebut diri sebagai putri salju. Dan sejak saat itu Sudarwati mampu mengobati berbagai macam penyakit.

Entah benar atau tidak, kenyataannya banyak pasien yang mengaku kondisinya makin baik setelah berobat ke rumah Sudarwati. Maryono, warga setempat misalnya mengaku ayahnya bisa kembali berjalan setelah dibawa ke rumah Sudarwati beberapa kali.

Demikian juga dengan Karni. Dia bisa kembali berjalan setelah diobati Sudarwati. Padahal sebelumnya dia sama sekali tak bisa berjalan akibat persendian.

Cara pengobatan yang dilakukan Sudarwati sangat sederhana. Kadang dia hanya mengusap-usap bagian tubuh yang sakit, kadang juga membasuh dengan air yang sudah diberi doa.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.