Sukses

Umat Buddha Gelar Larung Lilin Teratai

Umat Buddha Vihara Cetiya Dhamma Manggala menggelar acara Larung Lilin Teratai di Danau Sunter, Jakut.

Liputan6.com, Jakarta: Umat Buddha Vihara Cetiya Dhamma Manggala menggelar acara Larung Lilin Teratai di Danau Sunter, Jakarta Utara, Selasa (17/5) malam. Larung Teratai atau biasa disebut Siri Pada Puja merupakan bentuk penghormatan dan penghayatan jejak kebaikan sang Buddha untuk semua makhluk hidup. Tema perayaan Waisak kali ini adalah membersihkan hati dan pikiran agar dapat lebih bahagia.

Ribuan umat Buddha dari Jawa Tengah dan Yogyakarta mengikuti peringatan detik-detik Waisak 2555 di pelataran Candi Sewu, Klaten, Jateng. Upacara diawali pembacaan mantra dan Parita oleh Bhikku yang dilanjutkan dengan perenungan. Temanya disesuaikan kondisi bangsa saat ini, yang banyak dilanda masalah dan bencana alam.

Meski dipusatkan di Candi Borobudur, ratusan umat Buddha di Kota Solo, Jateng, memperingati Waisak di Vihara Dhamma Sundara Surakarta. Para Bikkhu Sangha menyalakan lilin saat memasuki Dhammasala, dengan iringan sejumlah lagu pujian. Pesan yang disampaikan kali ini adalah kedamaian cahaya kebenaran.(WIL/ULF)  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.