Sukses

Para Biksu Berkumpul di Api Abadi

Para biksu dari berbagai daerah, Ahad siang berkumpul di lokasi Api Abadi Mrapen, Grobogan, Jateng untuk mengambil api dharma. Ritual pengambilan api dharma adalah rangkaian ritual peringatan Hari Raya Waisak 2555.

Liputan6.com, Grobogan: Para biksu dari berbagai daerah, Ahad (15/5) siang, berkumpul di lokasi Api Abadi Mrapen, Grobogan, Jawa Tengah untuk mengambil api dharma. Ritual pengambilan api dharma adalah rangkaian ritual peringatan Hari Raya Waisak 2555. Hal itu dilakukan seperti tahun-tahun sebelumnya di lokasi api abadi Mrapen di Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Grobogan, Jateng.

Ritual demi ritual dilakukan di sekitar Api Alam Mrapen. Tidak hanya biksu dari Indonesia yang hadir, sejumlah biksu dari Thailand dan Malaysia juga datang.Menurut Umat Budha, api disakralkan sebagai kelengkapan upacara Waisak karena merupakan simbol semangat kehidupan.

Api dharma yang telah diambil akan dibawa ke Candi Mendut untuk disemayamkan. Selanjutnya, saat Waisak tiba, Api Dharma akan dikirab dari Candi Mendut ke Candi Borobudur untuk digunakan sebagai kelengkapan upacara bersama air suci yang telah diambil di Jumprit, Temanggung, Jateng.(BJK/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini