Sukses

Sambut Waisak, Umat Budha Bersihkan Vihara

Umat Budha di Dusun Gunung Kelir, Kulon Progo, DIY, menyambut datangnya Waisak dengan memembersihkan jalan menuju vihara serta altar yang digunakan untuk berdoa.

Liputan6.com, Kulon Progo: Umat Budha di Dusun Gunung Kelir, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta, sepanjang Ahad (15/5), bergotong royong membersihkan jalan menuju Vihara Giri Loka. Ini merupakan bagian dari kegiatan menyambut perayaan Tri Suci Waisak. Mereka juga membersihkan altar yang digunakan untuk berdoa serta berlatih menari untuk pentas seni.

Umat Budha di kawasan ini memusatkan kegiatan keagamaannya di Vihara Giri Loka. Vihara yang dibangun sekitar tahun 1980 ini, telah memiliki umat sekitar 300 orang yang berasal dari penduduk setempat. Meski terhitung minoritas, keserasian dan kerukunan hidup beragama terjaga baik.
 
Kegiatan lain yang dipersiapkan warga adalah berkeliling ke rumah sanak keluarga dan tetangga, ziarah, pembagian sembako, serta mengundang umat dari vihara lain melakukan perayaan Dhama Shanti dan pentas seni.(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini