Sukses

Zikir Dapat Membawa Kedamaian

Kiai Haji Abdullah Syamsul Arifin mengatakan, zikir harus bisa membawa kedamaian dan memberikan ketenangan bagi kehidupan masyarakat. Selain itu, kualitas keimanan seseorang bisa dilihat sejauh mana dia mampu menciptakan kedamaian dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Liputan6.com, Jakarta: Kiai Haji Abdullah Syamsul Arifin mengatakan, salah satu fungsi dzikir adalah menenangkan dan menentramkan hati. Namun, yang lebih penting dari semua itu adalah bagaimana makna zikir dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. "Dampak zikir harus bisa membawa kedamaian dan memberikan ketenangan bagi kehidupan masyarakat," kata Abdullah saat berorasi dalam acara zikir Akbar dan Orasi Kebangsaan bertema Harmoni Cinta Indonesia di Pondok Pesantren Nurul Mushtofa, Ciracas, Jakarta Timur, Ahad (15/5) pagi.

Tokoh Islam yang akrab disebut Gus Aap ini menambahkan, untuk mengukur kualitas keimanan seseorang, bukan dinilai dari porsi seseorang melaksanakan ritual ibadahnya. "Tapi, sejauh apa dia mampu menciptakan kedamaian dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," ucapnya.

Selain Gus Aap, acara zikir dan orasi kebangsaan ini juga dihadiri tokoh lintas agama lainnya seperti, Habib Muhammad Luthfi bin Yahya, Pendeta Nathan Setiabudi, Romo benny, Bante Damma Wicayu Mahetra, Jaya Marta, Budi S Tanuwijaya dan Mama Hana [baca: Tokoh Lintas Agama Hadiri Harmoni Cinta Indonesia].(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.