Sukses

Hari ini Perayaan Tumpek Landep di Bali

Hari ini, Sabtu (7/5), umat Hindu Bali merayakan Hari Tumpek Landep yakni persembahan suci khusus bagi semua jenis benda yang terbuat dari materi dasar besi, perak, tembaga, dan jenis logam lainnya.

Liputan6.com, Denpasar: Hari ini, Sabtu (7/5), umat Hindu Bali merayakan Hari Tumpek Landep yakni persembahan suci khusus bagi semua jenis benda yang terbuat dari materi dasar besi, perak, tembaga, dan jenis logam lainnya.

Aktivitas ritual yang menggunakan kelengkapan sarana banten, rangkaian janur kombinasi bunga dan buah-buahan dipersembahkan untuk berbagai jenis alat produksi dan aset. Termasuk keris dan senjata-senjata pusaka. Antara lain mesin, kendaraan, sepeda motor, serta alat teknologi informasi telekomunikasi komputer dan televisi.

Upacara Tumpek Landep dilakukan di rumah tangga masing-masing dan juga perkantoran dengan skala besar dan kecil sesuai kemampuan dari keluarga bersangkutan sejak pagi hingga malam hari. Semua bermakna untuk memohon keselamatan ke hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam manifestasinya sebagai Dewa Senjata.

Menurut I Ketut Sumadi, Ketua Program Studi Pemandu wisata Institut Hindu Dharma Indonesia (IHDN) Denpasar, Tumpek Landep merupakan 'pujawali' Betara Syiwa yang berfungsi melebur dan memusnahkan untuk kembali ke asalnya.

Perayaan Tumpek Landep berlangsung setiap 210 hari sekali. Masyarakat yang berprofesi sebagai petani akan mempersembahkan korban suci yang ditujukan bagi alat-alat pertanian berupa canggul, sabit dan traktor.

Di jalanan, semua peralatan yang terbuat dari besi dan tembaga termasuk mobil, motor, dan berbagai kendaraan akan mendapat persembahan sesaji dan hiasan khusus dari janur yang disebut 'ceniga, sampian gangtung, dan tamiang'. (ANT/Vin)



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.