Sukses

Polisi Tangkap Anggota NII

Polda Lampung tadi malam mengamankan tiga pemuda yang diduga perekrut anggota NII. Ketiganya ditangkap saat sedang berada di sebuah restauran di Bandar Lampung, Lampung.

Liputan6.com, Bandar Lampung: Tiga orang yang diduga pelaku perekrut gerakan Negara Islam Indonesia (NII) di wilayah Bandar Lampung, Lampung, Kamis (5/5) malam, ditangkap tim Reskrim Polda Lampung. Dari hasil pemeriksaan ketiga pelaku telah berhasil merekrut dua korban hingga nyaris dibaiat di Jakarta.

Tiga tersangka warga Lampung ini hingga kini masih menjalani pemeriksaan di Mapolda Lampung. Ketiga pelaku adalah Anggun Psikiatri, Eni Maeleni, dan Kautsar. Mereka ditangkap polisi di sebuah restauran di Kecamatan Kedaton, dan sebuah pusat perbelanjaan di Jalan Kartini, Bandar Lampung.
 
Uci Andika, 18 tahun, salah satu korban mengaku sempat diajarkan untuk berbohong kepada orangtuanya agar dapat memberikan sejumlah uang dengan berpura pura kehilangan barang miliknya. Ia bahkan nyaris kehilangan 24 juta rupiah.

Beruntung korban sadar setelah hal yang ia pelajari ternyata menyimpang dari ajaran Islam. Uci menyebutkan salah satu korban lainnya yang bernama Buana Sari telah mengeluarkan uang sebesar Rp 16,5 juta untuk kepentingan sedekah kepada NII.

Penangkapan ketiga pemuda ini berawal dari terungkapnya dua orang mahasiswa Politeknik Kesehatan Lampung yang tertipu hingga belasan juta rupiah. Para pelaku diduga berperan sebagai pembujuk, penghubung ke Jakarta, dan juga melakukan eksekusi terhadap korban.(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini