Sukses

Asyiknya Menonton Kuda Menari

Kuda ternyata tidak hanya bisa berpacu dalam lomba atau menarik kereta kencana kerajaan. Di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, setiap tahun warga bisa melihat kuda menari.

Liputan6.com, Polewali Mandar: Kuda ternyata tidak hanya bisa berpacu dalam lomba atau menarik kereta kencana kerajaan. Di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, setiap tahun warga bisa melihat kuda menari.

Ratusan kuda terlatih unjuk gigi dalam karnaval kuda menari yang dipusatkan di Kecamatan Pambusuang, Polewali Mandar, Rabu (4/5). Karnaval budaya yang oleh masyarakat setempat disebut sayyang patuddu ini sudah berlangsung ratusan tahun di tanah Mandar.

Tidak hanya menjadi tontonan, festival tahunan ini juga menjadi ajang silaturahmi antar warga suku Mandar yang kini tercerai-berai di berbagai tempat karena tuntutan hidup. Warga suku Mandar yang berada di perantauan selalu pulang saat sayyang patuddu digelar.

Uniknya, festival budaya yang selalu dipadati pengunjung ini tidak didanai sepersen pun dari pemerintah atau lembaga tertentu. Setiap tahun warga dengan suka rela menguras kocek demi menyediakan suguhan makanan dan minuman kepada para tamu yang datang.

Tumpah ruahnya warga di jalanan, bertemu mukanya mereka secara langsung, membuat ajang ini juga menjadi sarana bagi para pemuda suku Mandar untuk mendapatkan jodoh. (YUS)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.