Sukses

Wisata Tulamben yang Menantang

Ternyata Bali masih menyisakan beragam tantangan menarik. Misalnya menyelam di kedalaman indahnya alam laut dan aksi bungee jamping serta berselancar.

Liputan6.com, Denpasar: Ingin merasakan liburan yang penuh tantangan? Ternyata Bali masih menyisakan beragam tantangan menarik. Misalnya menyelam di kedalaman indahnya alam laut di Tulamben. Hanya dua jam perjalanan dari Kuta, Anda akan tiba di Tulamben Resort. Penginapan ini memang khusus untuk para penyelam. Ada kolam renang sedalam dua meter untuk latihan menyelam, sampai perangkat selam juga tersedia komplit.

Jika cukup latihannya, menyelam yang sebenarnya bisa langsung dipraktikkan di bawah air Tulamben. Tak hanya keindahan alam bawah laut, Tulamben juga dikenal karena adanya bangkai Kapal USS Liberty. Konon, kapal milik Amerika Serikat ini beroperasi saat Perang Dunia II. Tapi, pada 1942 kapal ini diterjang torpedo oleh kapal selam Jepang.

Di kedalaman 20 meter, air laut terasa lebih dingin dan jadi lebih gelap. Namun, menyelam menyusuri bangkai kapal ini tak bisa dilewatkan. Di bagian dalam kapal terlihat banyak sekali lempengan besi yang berserakan.

Yang pasti, selain bangkai kapal, beragam jenis ikan membuat mata tak puas memandang. Apakah itu ikan yang terlihat cantik atau buas, semuanya bisa dinikmati. Misalnya kawanan bumphead parrot fish atau ikan hiu yang kadang bisa dijumpai. Ada pula kawanan ikan yang sangat populer di Tulamben, namanya jackfish, yang selalu berenang dalam kelompok besar.

Dari menyelam, kita beralih ke olahraga yang agak ekstrim, bungee jumping. Masih berada di sekitar Tulamben, bungee jumping ini amat disukai para wisatawan karena tantangannya. Sensasinya benar-benar menegangkan, tapi setelah selesai meloncat rasanya ingin coba lagi.

Karena sedang di Bali, tentu tak ada salahnya ikut belajar selancar. Teknik dasarnya, kejar ombak dengan mengayuh. Dua, kaki di ujung papan dan angkat tubuh dengan kedua tangan untuk berdiri di papan. Tiga, tangan di depan dada untuk menjaga keseimbangan. Latihan di pantai kelihatannya gampang, tapi berselancar dengan ombak tidaklah mudah. Tapi semuanya layak dicoba untuk memacu adrenalin.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini