Sukses

Jumat Agung Diperingati dengan Penuh Keharuan

Peringatan Jumat Agung digelar di sejumlah daerah dengan mengikuti misa dan kebaktian. Kisah penderitaan hingga penyaliban Yesus Kristus ini diperingati dengan penuh keharuan.

Liputan6.com, Wonogiri: Peringatan Jumat Agung digelar di sejumlah daerah dengan mengikuti misa dan kebaktian. Di Gereja Santo Petrus, Wonogiri, Jawa Tengah, prosesi jalan salib menjadi bagian Misa Jumat Agung.

Kisah penderitaan hingga penyaliban Yesus Kristus ini dilaksanakan dengan penuh haru para jemaat di Gunung Gandul. Bagi umat Katolik di sini, Misa Jumat Agung kali ini merupakan refleksi diri untuk mau mengasihi sesama.

Peringatan Jumat Agung di GPIB Immanuel, Probolinggo, Jawa Timur, berlangsung lancar dengan penuh khidmat. Pengamanan di sini tidak terlalu mencolok. Selain ibadah, para jemaat juga ambil bagian dalam perjamuan kudus. Ini merupakan peringatan perjamuan Yesus dan 12 muridnya, sebelum ditangkap dan akhirnya disalib.

Misa memperingati kesengsaraan dan kematian Yesus Kristus juga dilangsungkan umat Katolik di Paroki Oeleta, Kupang, Nusa Tenggara Timur. Via Dolorosa yang dijalani Yesus menuju bukit Golgota disuguhkan dalam sebuah prosesi napak tilas di kawasan lembah Osmo.

Napak tilas jalan salib ini melalui 14 perhentian atau stasi. Ratusan umat Katolik di Manokwari, juga memperingati Misa Jumat Agung di halaman kantor Gubernur Papua Barat. Pastor Teniwut yang memimpin ibadah mengajak umat Katolik untuk meneladani dan mempraktikkan cinta kasih kepada sesama. (APY/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.