Sukses

Ratusan Siswa Batal Ujian

Ratusan siswa di Sulawesi Barat, pada hari kedua ujian nasional dinyatakan batal lantaran bermacam alasan mulai dari sakit, meninggal dunia, mengikuti pertukaran pelajar, memilih menikah, dan tidak hadir tanpa pemberitahuan.

Liputan6.com, Polewali Mandar: Pelaksanaan ujian nasional di Sulawesi Barat digelar serentak. Namun ratusan siswa di antaranya tidak hadir alias batal ikut ujian. Di Kabupaten Polewali Mandar, misalnya, terdapat 79 siswa SMA, Madrasah Aliyah (MA), dan SMK yang tidak mengikuti ujian. Di SMA PGRI, misalnya, dari 127 peserta yang terdaftar di panitia pelaksana ujian, 27 siswa di antaranya absen tanpa keterangan.
 
Sementara itu di SMK Wonomulyo, dari 180 peserta delapan di antaranya tidak hadir. Enam siswa tidak hadir tanpa keterangan, dua di antaranya meninggal dan lainnya memilih menikah. Di Kabupaten Majene, 38 peserta di antaranya batal mengikuti ujian. Sebanyak 14 peserta di antaranya beralasan sakit dan 16 lainnya memilih menikah daripada ikut ujian. Sedang di Mamuju, 27 peserta di antaranya tidak hadir karena sakit dan menikah dini.

Mengenai hal ini, Sekretaris Panitia Ujian Nasional Dinas Pendidikan Polman, Hamka, mengaku ada banyak siswa yang tidak hadir ujian. Meski demikian, ia meyakinkan kalau ujian nasional tahun ini relatif berjalan lancar.

Sementara itu total peserta ujian di Kabupaten Polewali Mandar sendiri untuk semua sekolah swasta dan negeri mencapai 4.323 siswa. Peserta Unas di Majene untuk semua sekolah negeri dan swasta mencapai 2.084 peserta. Sedangkan di Mamuju terdapat 3.328 peserta ujian dari semua sekolah negeri dan swasta.(BJK/YUS)



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.