Sukses

Mendiknas: Dana UN Rp 580 Miliar Tak Besar

Penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) menelan biaya sebesar Rp 580 miliar. Namun pemerintah menilai jumlah itu tidak besar, dan tidak dibesar-besarkan.

Liputan6.com, Jakarta: Penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) menelan biaya sebesar Rp 580 miliar. Namun pemerintah menilai jumlah itu tidak besar, dan tidak dibesar-besarkan.

"Jadi gini, benar memang dananya tetapi kalau melihat anggaran itu, jangan melihat nominal saat itu saja. Bandingkan berapa banyak yang ikut ujian nasional. Kalau Rp 580 miliar dibagi RP 10.400.000 maka jumlah masing-masing anak Rp 50 ribu (jatahnya)," terang Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas), Mohammad Nuh di Jakarta, Senin (18/4).

Menurut Nuh, uang Rp 50 ribu tersebut dipergunakan mencetak soal, biaya pengawasan, koreksi dan sebagainya. "Insya Allah  besarnya anggaran itu bisa dipertanggungjawabkan. Karena memang anggaran itu keluar harus didiskusikan dengan kawan-kawan  di anggaran atau dikomisi X (DPR RI), itu sudah ada hitung-hitungannya," tuturnya.

Seperti diketahui, mulai hari ini, Senin (18/4), seluruh pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) di Indonesia akan melaksanakan Ujian Nasional (UN). Standar nilai rata-rata yang digunakan tahun ini adalah minimal 5,5. (MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini