Sukses

Jelang UN, Para Pelajar Justru Berziarah Makam

Ujian Nasional tinggal tiga hari lagi. Berbagai bentuk reaksi para siswa menjelang ujian nasional. Mulai dari zikir bersama dan ada juga yang ziarah ke makam Sunan Kudus dengan tujuan mendapat wahyu saat mengerjakan ujian.

Liputan6.com, Semarang: Ujian Nasional tinggal tiga hari lagi. Berbagai bentuk reaksi para siswa menjelang ujian nasional berbeda-beda di tiap daerah di Tanah Air.

Di Semarang, Jawa Tengah misalnya, dari pantauan SCTV, Jumat (15/4), ratusan siswa menggelar doa bersama, bukan belajar bersama. Hal itu bertujuan agar para siswa diberi kemudahan saat mengerjakan soal.

Sama halnya dengan mereka, para siswa di Mandailing Natal juga menggelar zikir dan doa bersama. Sebagian siswa bahkan ada yang menangis, bukan karena terharu, tapi karena tidak siap.

Ada yang lebih aneh lagi. Alih-alih belajar tekun demi mempersiapkan diri menghadapi ujian, ratusan siswa di Kudus, Jawa Tengah, justru ber ziarah ke makam Sunan Kudus. Menurut salah satu dari mereka, ziarah dilakukan dengan harapan mendapat berkah dan wahyu saat mengerjakan soal. Ternyata kegiatan ini justru menjadi agenda tahunan setiap menjelang ujian nasional.(BJK/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.