Sukses

Puluhan Pesawat Meriahkan HUT TNI AU

Sebanyak 52 pesawat berbagai jenis itu ada yang melakukan atraksi atau mendukung atraksi lain seperti penerjunan satuan tempur, free fall, dan penarikan banner.

Liputan6.com, Jakarta: Dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-65 TNI Angkatan Udara benar-benar "unjuk gigi" dengan menampilkan keunggulan masing-masing satuannya. Upacara peringatan HUT ke-65 TNI AU dilaksanakan di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (9/4), dengan inspektur upacara Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono.

Seperti pada perayaan tahun-tahun sebelum peringatan HUT ke-65 juga dimeriahkan parade, defile, demo darat serta demo udara. Sebanyak 52 pesawat berbagai jenis memeriahkan perayaan HUT ke-65 TNI Angkatan Udara yang jatuh pada setiap 9 April.

Juru Bicara TNI Angkatan Udara Marsekal Pertama TNI Bambang Samoedro di Jakarta, mengatakan sebanyak 52 pesawat berbagai jenis itu ada yang melakukan atraksi atau mendukung atraksi lain seperti penerjunan satuan tempur, free fall, dan penarikan banner.

Ke-52 pesawat itu terdiri dari lima pesawat Sukhoi SU 27/30, lima pesawat F-16 Fighting Falcon, lima pesawat F-5E Tiger, 10 pesawat Hawk 100/200, dan tujuh pesawat KT 1. Serta, 12 pesawat C-130 BH Hercules, empat Helikopter Puma, dua heli Bolko Sarnas serta satu pesawat FASI, Pitts S-2C Spesial.

Marsekal Pertama Bambang Samoedro menjelaskan, lima pesawat Sukhoi dari Skuadron Udara 11 Pangkalan Udara Sultan Hasanuddin akan melakukan aerobatik dengan 14 manuver. Selain terbang aerobatik, pesawat-pesawat jet tempur buatan Rusia itu juga akan melakukan terbang lintas.

Demo terbang aerobatik juga akan dilakukan oleh Tim Aerobatik TNI Angkatan Udara "Jupiter" yang menggunakan tujuh pesawat KT-1 dengan 17 manuver. Sedangkan pada demo patroli udara akan ditampilkan 10 pesawat Hawk 100/200, demo serang udara langsung oleh pesawat F-16 Fighting Falcon dan F-5E Tiger.

"Tak hanya itu, dalam peringatan HUT ke-65 TNI AU juga akan ditampilkan pengisian bahan bakar di udara (air refueling) oleh pesawat Hawk dan 1 KC C-130 Hercules. Selain memeriahkan perayaan hari jadi, penampilan sejumlah pesawat-pesawat itu juga merupakan bentuk pertanggungjawaban publik TNI Angkatan Udara kepada masyarakat," ujar Bambang.

Selain menampilkan beragam pesawat, HUT TNI Angkatan Udara kali ini juga akan dimeriahkan demo keterampilan prajurit Pasukan Khas TNI Angkatan Udara (Paskhas) yang melibatkan sekitar 300 personel seperti penerjunan satuan tempur, free fall oleh 65 penerjun, jumping master dan combat SAR dengan menggunakan helikopter.

Yang seru dari demo darat adalah kepiawaian Detasemen Bravo-90 Korps Paskhas dalam penanganan teroris. Dari sisi kesenian ditampilkan marching band Akademi Angkatan Udara dan rampak gendang. Tema peringatan HUT ke-65 TNI Angkatan Udara "Dengan Profesionalisme dan Motivasi Yang Tinggi serta Dedikasi Satuan, Kita Wujudkan Angkatan Udara Yang Lebih Baik, Guna Menjaga Kedaulatan Negara di Udara dan Keutuhan NKRI".

Hadir dalam acara itu, para pejabat TNI dan TNI AU. Termasuk, perwakilan negara sahabat dan para purnawirawan TNI AU.(ANS/Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.