Sukses

Biaya Penjemputan TKI Jeddah Rp24,5 Miliar

Liputan6.com, Jakarta: Ribuan WNI/TKI yang overstay di jeddah, Arab Saudi akan dijemput menggunakan kapal mewah, Kapal Motor Labobar. KM Labobar ini tergolong mewah karena dilengkapi bioskop, kolam renang, warung dan restoran, ruang hiburan, ruang sholat, ruang makan yang besar dan tempat santai.

Mau tahu berapa biaya penjemputan para TKI ini? Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Moh Jumhur Hidayat mengungkapkan, biaya pemulangan TKI dari Jeddah ke Jakarta dengan KM Labobar mencapai sekitar Rp24,5 miliar, atau rata-rata sekitar Rp8 juta per TKI, meliputi tiket dengan pelayanan kamar sekaligus makan-minum selama perjalanan.

KM Labobar berkapasitas 3.245 penumpang, meliputi 161 awak kapal. Kapal ini menyediakan 66 tempat tidur kelas eksekutif, 1.866 tempat tidur kelas ekonomi double bed dan 1.152 tempat tidur kelas ekonomi single bed.

Kapal berbobot mati 3.350 metrik ton yang mampu berjalan dengan kecepatan 20 knots/jam itu, akan berlayar selama 25 hari mengarungi rute Jakarta-Jeddah, dan kembali ke Jakarta.

KM Labobar meninggalkan Jakarta pada 10 April dan diperkirakan tiba di Pelabuhan Jeddah pada 19 April mendatang. Setelah docking selama 4 hari dengan proses menaikkan penumpang para WNI/TKI, KM Labobar kembali ke Jakarta pada 23 April, dan diperkirakan tiba di Pelabuhan Tanjungpriok antara 2 atau 3 Mei 2011. (ARI/MLA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini