Sukses

Walhi: Indonesia Tak Seperti Jepang

Indonesia dinilai tak seperti Jepang dalam kesiapan dan penanggulangan bencana alam. Contohnya saja dalam menghadapi musibah gempa dan tsunami.

Liputan6.com, Jakarta: Indonesia dinilai tak seperti Jepang dalam kesiapan dan penanggulangan bencana alam. Contohnya saja dalam menghadapi musibah gempa dan tsunami, Negari Sakura itu dinilai lebih sigap dalam mengatasi musibah.

Demikian yang disampaikan perwakilan Walhi, Irchas Ahmadi, dalam sebuah diskusi di Kompleks DPR/MPR RI, Jakarta, Jumat (18/3).

"Jepang itu bagus sudah siap ada bencana walaupun tak mengira kekuatannya sebesar itu," ujarnya.

Menurut Irchas, walaupun Indonesia memiliki kesamaan dengan Negeri Sakura tersebut dalam hal sering terkena bencana alam. Namun Indonesia tidak pernah belajar dari pengalamannya tersebut. "Indonesia punya sejarah bencana alam tapi memang kita tidak mempersiapkannya sehingga gampang terlupakan, tidak pernah belajar dari pengalaman yang lalu," terangnya.

Sementara itu, Anggota DPD RI Provinsi Papua, Paulus Sumino menambahkan, masyarakat Jepang juga berbeda dengan masyarakat Indonesia, khususnya pasca-bencana alam.

"Sistem yang dibangun, sistem pemerintah dan perilaku orang Jepang, sistem yang bangunan rumah di sana sudah bagus, kita belum. Selain itu, mereka tuh tertib dalam mengantre makanan, kalau terjadi di Indonesia situasinya bisa berbeda," terangnya.(MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini