Sukses

Ratusan WNI Masih Dikonfirmasi

Sebanyak 267 WNI di Jepang belum diketahui keberadaannya. Menurut Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, mereka belum bisa dinyatakan hilang karean status masih dikonfirmasi.

Liputan6.com, Jakarta: Masih banyak jumlah warga negara Indonesia di Jepang yang belum diketahui keberadaannya. Jumlahnya mencapai 267 orang. Menurut Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, mereka belum bisa dinyatakan hilang. Sebab status mereka masih dikonfirmasi. "Kami masih harus menghimpun informasi dan data mengenai kondisi mereka," ujar Marty di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Selasa (15/3).

Dari hari ke hari, menurut Marty, Kedutaan Besar RI di Tokyo terus mendapatkan data terbaru mengenai jumlah WNI yang selamat dari daerah bencana di Jepang. Ada 496 WNI yang tinggal di daerah paling parah terhantam tsunami di Jepang, yaitu 274 orang di Miyagi, 120 di Iwate, dan 82 orang di Fukushima. Mereka yang berada di kawasan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Fukushima terancam terkena radiasi.

KBRI Tokyo pertama kali mendapatkan konfirmasi sebanyak 193 WNI selamat, kemudian 20 WNI selamat, dan secara berangsur diketahui 19 orang selamat. Menurut Marty, gelombang pertama evakuasi WNI dari Jepang akan tiba Selasa sore pukul 17.50 WIB di Bandar Udara Soekarno Hatta.(ANT/AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.