Sukses

Lusa, Pemerintah Kirim Tim ke Jepang

Pemerintah Indonesia akan mengirimkan tim ke Jepang untuk membantu negara di Asia timur ini dalam upaya-upaya penanganan bencana.

Liputan6.com, Jakarta: Pemerintah Indonesia akan mengirimkan tim ke Jepang untuk membantu negara di Asia timur ini dalam upaya-upaya penanganan bencana pascagempa dan tsunami. Demikian diungkapkan Kepala Pusat Data dan Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho yang tengah berada di Manado, Sulawesi Utara, Selasa (15/3).

Menurut Sutopo, hal ini sesuai dengan instruksi yang dikeluarkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. "Pada saat ini pemerintah Jepang sudah membuka kehadiran relawan Indonesia karena itu Presiden telah menginstruksikan tim untuk segera berangkat. Diharapkan, tim sudah bisa berangkat ke Jepang pada Kamis (17/3) pagi," kata Sutopo.

BNPB sendiri rencananya akan akan mengirim tenaga medis, regu penyelamat (SAR) dan multifungsi terlatih dari Satuan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (SRC-PB). Mereka adalah tim gabungan dari TNI, BNPB, Badan SAR Nasional, Palang Merah Indonesia, Kementerian Kesehatan dan lembaga terkait lainnya.

"Tim dari Indonesia nantinya akan bergabung dengan 69 negara lainnya yang direncanakan akan membantu Jepang dalam penanganan bencana. Untuk tahap pertama akan dikirim 60 orang terlatih SRC PB," imbuh Sutopo.(CHR/ANS/Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.