Sukses

Indonesia Siap Bantu Jepang

Presiden Yudhoyono menyatakan bahwa pemerintah dan rakyat Indonesia turut berduka atas gempa bumi yang terjadi di Jepang. Kementerian Luar Negeri RI juga akan mengirim tim pendukung guna membantu KBRI Tokyo.

Liputan6.com, Jakarta: Pemerintah Indonesia siap membantu korban gempa bumi dan tsunami di Jepang. "Presiden beberapa waktu lalu telah meminta Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa berkomunikasi dengan pihak Pemerintah Jepang untuk menyatakan kesiapan Pemerintah Indonesia dalam memberikan bantuan," kata Juru Bicara Presiden Julian A Pasha, Sabtu (12/3).

Presiden Yudhoyono, lanjut Julian, menyatakan bahwa pemerintah dan rakyat Indonesia turut berduka atas gempa bumi yang terjadi di Jepang. Kementerian Luar Negeri RI juga akan mengirim tim pendukung guna membantu KBRI Tokyo.

Tim tersebut terdiri atas lima pejabat Kemlu yang bertugas membantu KBRI Tokyo dalam penangangan perlindungan WNI di wilayah-wilayah yang terkena dampak bencana, khususnya wilayah Miyagi dan Iwate yang cukup parah. Pascabencana, KBRI Tokyo mengirim tim untuk membuka posko sementara di Sendai sekitar Miyagi dan Iwate untuk memberikan bantuan bagi WNI yang berada di daerah tersebut.(Ant/ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.