Sukses

Muhammadiyah Ajak Dunia Berdoa untuk Jepang

PACRP merupakan gabungan tokoh-tokoh agama seluruh dunia yang berada di 20 negara di kawasan Asia-Pasifik. Kantor pusat organisasi tersebut berada di Jepang.

Liputan6.com, Surabaya: Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah Din Syamsudin mengajak rakyat di seluruh dunia mendoakan Jepang agar bencana alam yang melanda segera berakhir. "Tidak hanya untuk Jepang, tapi untuk semua negara di belahan dunia ini agar dijauhkan dari bencana," kata Din di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (12/3).

Din yang juga Wakil Ketua Umum MUI mengaku sudah mengirim surat dan mengucapkan bela sungkawa kepada pemerintahan Negeri Sakura, khususnya bagi korban bencana. "Atas nama Presiden Asian Conference of Religion for Peace (PACRP), kami menyatakan bela sungkawa atas musibah tsunami yang melanda Jepang," ujar Din.

PACRP merupakan gabungan tokoh-tokoh agama seluruh dunia yang berada di 20 negara di kawasan Asia-Pasifik. Kantor pusat organisasi tersebut berada di Jepang.

Dikatakan Din, meski bencana adalah faktor alam yang tidak bisa diperkirakan datangnya, namun itu juga tidak terlepas dari ulah manusia. "Jika manusia sering membuat kerusakan maka bisa berakibat turun bencana itu," kata Din seperti dikutip Antara.

Seperti diberitakan, Jepang dilanda musibah gempa bumi berkekuatan 8,9 skala Ritcher, Jumat kemarin. Tidak hanya itu, Negeri Matahari Terbit juga tersapu gelombang tsunami yang tingginya mencapai 10 meter.

Jumlah korban tewas yang sudah dipastikan mencapai 433 orang. Diperkirakan akan terus bertambah hingga lebih dari 1.000 orang. Di luar itu, 784 orang dinyatakan hilang. Gempa bumi itu adalah gempa terkuat yang pernah dicatat Jepang dalam 100 tahun terakhir.(ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.