Sukses

Umat Hindu Gelar Upacara Ngembak Geni

Ratusan umat Hindu di Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggelar upacara Ngembak Geni usai perayaan Brata Nyepi. Upacara itu menyimbolkan kembalinya seseorang menjadi manusia baru.

Liputan6.com, Gunung Kidul: Ratusan umat Hindu di Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggelar upacara Ngembak Geni usai perayaan Brata Nyepi, Senin (7/3). Upacara itu menyimbolkan kembalinya seseorang menjadi manusia baru.

Dengan membawa berbagai sesaji, umat Hindu Gunung Kidul beramai-ramai pergi ke Pura Bakti Widhi sebagai ungkapan rasa syukur setelah berhasil melewati Tapa Brata saat Nyepi, Sabtu silam.

Pinandita Pura Bakti Widhi Triman menjelaskan, setiap pura menggelar ritual Ngembak Geni paling lama sehari setelah Tapa Brata Nyepi. Sesaji yang digunakan ada empat, yaitu api, air, bunga, dan biji-bijian. Itu merupakan unsur yang akan menyeimbangkan serasa dan bhakti atau iman dan takwa.

Triman menambahkan, ajaran hindu mengenal konsep Trihitakarana yang harus dilakukan umat untuk menjaga hubungan yang harmonis, yakni hubungan dengan Tuhan, hubungan antarmanusia, dan hubungan dengan alam. Itu semua tergambar dalam rangkaian ritual di sekitar Nyepi.

Hubungan dengan alam diwujudkan dengan menggelar Melasti dan hubungan dengan Tuhan dibangun lewat Tapa Brata Nyepi. Sementara Ngembak Geni melambangkan harmoni antarmanusia.(ADI/ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.