Sukses

Ratusan Kera Ikut Ritual Oton Bojog

Ratusan ekor kera dilibatkan dalam ritual <i>Oton Bojog</i> di Monkey Forest, Ubud, Bali.

Liputan6.com, Ubud: Umat Hindu di kawasan Monkey Forest, Ubud, Bali, Sabtu (26/2), menggelar upacara Oton Bojog. Ritual yang melibatkan ratusan ekor kera itu diadakan dalam rangka merayakan Hari Tumpek Kandang.

Oton Bojog dipimpin langsung seorang pendeta Hindu atau Pedanda. Upacara yang digelar setiap 210 hari itu menarik minat para wisatawan yang berkunjung ke Monkey Forest. Kendati sesajen, berupa buah, kue, dan makanan banyak tersaji, ratusan kera tampak tertib melihat jalannya upacara.

Ritual penghormatan terhadap alam itu dimulai dengan menyucikan beberapa lokasi di sekitar Monkey Forest. Sesajen yang telah disiapkan lalu dipersembahkan kepada Sang Maha Pencipta. Warga pun berdoa bersama dan memohon, agar ratusan kera senantiasa diberi kesehatan dan jinak terhadap wisatawan.

Setelah seluruh acara selesai, warga Desa Padang Tegal, Ubud, Bali, membagikan telur mentah dan beragam buah kepada para kera. Oton Bojog merupakan bagian dari kearifan lokal masyarakat Bali yang disebut Tri Hita Karana. Salah satu bagian dari local wisdom itu adalah mengatur keharmonisan dan keseimbangan antara manusia dan alam.(WIL/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.