Sukses

Pengusaha Bioskop Takut Kehilangan Penonton

Hilangnya film Hollywood dari bioskop-bioskop di Tanah Air membuat risau pengusaha bioskop. Mereka khawatir bioskop akan ditinggalkan penggemar film Hollywood.

Liputan6.com, Jakarta: Penghentian peredaran film Hollywood oleh Asosiasi Produsen Film Amerika dipandang pengusaha bioskop bak genderang kematian yang mulai ditabuh. Betapa tidak. Kebiasaan penonton Tanah Air menonton film Negeri Paman Sam diperkirakan tak berubah meski pasokannya di bioskop berhenti. Akibatnya, bioskop akan ditinggalkan penggemar film. "Bioskop resah dengan kondisi begini, harus ada kepastian cepat," kata Djonny Syafruddin, Ketua Gabungan Pengusaha Bioskop, di Jakarta, Selasa (22/2).

Namun, protes Asosiasi Produsen Film Amerika tersebut menurut pengamat ekonomi Ichsanudin Noorsy tidak juga sepenuhnya layak. Sebab, aturan pengenaan bea masuk atas royalti film asing yang diberlakukan pemerintah Indonesia sesuai dengan aturan perdagangan dunia yang resmi. "Itu wajar dilakukan sebesar 22,5 (persen), akhirnya cuma besaran angka," kata Ichsanudin.(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.