Sukses

Ancaman Boikot Film AS, Pemerintah Nego MPAA

Anda pecinta film-film produksi Amerika? Nah, bersiap-siaplah. Anda sepertinya bakal tidak bisa lagi menikmatinya untuk waktu yang belum diketahui hingga kapan. Pemerintah kini sedang melakukan negosiasi.

Liputan6.com, Jakarta: Anda pecinta film-film produksi Amerika? Nah, bersiap-siaplah. Anda sepertinya bakal tidak bisa lagi menikmatinya untuk waktu yang belum diketahui hingga kapan.

Pasalnya, bioskop di seluruh Indonesia menghadapi kenyataan pahit terkait pemboikotan perfilman Amerika. Rencana ini tentu saja bisa menghancurkan bisnis pertunjukan film di Indonesia. Tak hanya itu, para pecinta film pun tentu akan kecewa dengan keputusan ini.

Manajer festival tahunan perfilman JiFFest Nauval Yazid mengatakan, "Menghentikan ekspor film ke Indonesia akan berakibat bagi banyak orang. Selain itu, industri film di Indonesia juga masih bergulat dengan persoalan pembajakan, yang belum dapat dihentikan.

Kekhawatiran ini berembus dari Motion Picture Association of America (MPAA). Wakil Presiden Motion Picture Frank Rittman menyatakan akan menghentikan distribusi film-film Hollywood ke Indonesia. Rittman mengeluhkan maraknya pembajakan film serta tarif bea masuk atas hak distribusi film impor yang melonjak tajam. [baca: MPAA Hentikan Ekspor Film ke Indonesia]

Pemerintah Indonesia menyatakan, keputusan ini masih akan berubah. Pasalnya, Ketua Hukum Pajak dari Departemen Keuangan Bambang Permadi Brodjonegoro masih mangadakan negosiasi dengan MPAA. (jakglobe/Vin)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.