Sukses

Ahmadiyah Menolak Jadi Agama Baru

Amir Ahmadiyah Indonesia Ahmad Basij menolak tawaran Menteri Agama agar Ahmadiyah jadi agama baru. Menurut Basij, Ahmadiyah tak bisa dilepaskan dari Islam.

Liputan6.com, Jakarta: Amir Ahmadiyah Indonesia Ahmad Basij menolak tawaran Menteri Agama Suryadharma Ali agar Ahmadiyah menjadi agama baru. Menurut Basij, Ahmadiyah tidak bisa dilepaskan dari Islam. Ajaran Ahmadiyah, menurut Basij, adalah bagian dari ajaran Islam.

"Ahmadiah bagian dari Islam dan tidak bisa dipisahkan dari Islam karena Ahmadiyah lahir dari Islam," papar Basij. Demikian diungkapkan Ahmad Basij dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VIII DPR RI di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (16/2) malam.

Pihak Ahmadiyah juga mengeluhkan minimnya sosialisasi surat keputusan bersama (SKB) tiga menteri kepada masyarakat. Akibatnya berbagai aksi kekerasan terhadap jemaat Ahmadiyah kerap terjadi. Yang paling mutakhir adalah kekerasan di Cikeusik, Banten.

Sebaliknya kalangan DPR menilai ajaran Ahmadiyah melenceng dari ajaran Islam. Rapat yang digelar selama empat jam ini banyak dihabiskan untuk membahas soal akidah dan konsep ajaran Ahmadiyah. Tidak ada kesimpulan yang diputuskan dalam rapat dengar pendapat.

Baik kalangan DPR maupun Ahmadiyah sepakat agar terus diupayakan dialog antara Ahmadiyah dan masyarakat luas di semua lapisan. Ini penting dilakukan supaya terjadi kerukunan antar umat beragama. Kekerasan yang mengatasnamakan agama pun tidak terus terjadi.(JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini