Sukses

Gerbong Tambahan Demi Keselamatan Penumpang

Demi mengurangi korban kecelakaan, PT KAI mengeluarkan kebijakan baru dengan menempatkan gerbong kosong yang disebut aling-aling di depan dan belakang rangkaian gerbong.

Liputan6.com, Jakarta: Demi mengurangi korban kecelakaan, PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengeluarkan kebijakan baru dengan menempatkan gerbong kosong yang disebut aling-aling di depan dan belakang rangkaian gerbong. Kebijakan itu terlihat pada Kereta Matarmaja jurusan Malang di Stasiun Senen, Jakarta, Rabu (9/2).

Menurut Manajer Humas KAI Mateta Rijalulhaq, kebijakan itu berlaku untuk semua rangkaian kereta api, kecuali kereta rel listrik. Kebijakan itu nantinya akan terus dievaluasi. Rencananya, yang akan digunakan sebagai aling-aling bukan lagi gerbong kosong yang pintunya dikunci hingga tidak dimasuki penumpang. Tapi, gerbong barang atau gerbong pembangkit listrik.

Mateta menegaskan, aling-aling hanya salah satu upaya untuk mengurangi dampak kecelakaan. Secara bersamaan, KAI juga tengah melakukan langkah-langkah perbaikan lain, mulai dari perbaikan rambu hingga manajemen.(ASW/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini