Sukses

Lagi, Ratusan WNI Tiba di Tanah Air

Sebanyak 401 warga Indonesia tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, tadi pagi. Evakuasi gelombang ketiga ini diprioritaskan bagi WNI yang berada di luar Kota Kairo.

Liputan6.com, Tangerang: Pemerintah kembali mengevakuasi ratusan WNI yang berada di Mesir. Senin (7/2) pagi, sebanyak 401 warga Indonesia tiba di Bandar Udara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Evakuasi gelombang ketiga ini diprioritaskan bagi WNI yang berada di luar Kota Kairo dan sebagian besar mahasiswa, pekerja, serta anak-anak.
 
Sejumlah WNI wni yang tiba kembali di Tanah Air mengatakan, ada rekan mereka yang sempat ditahan saat dalam perjalanan menuju Kedutaan Besar RI di Kairo. Bahkan, mereka sempat mendapat perlakuan kasar.

Sementara Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa yang menyambut para WNI membenarkan ada 20 mahasiswa yang sempat ditahan militer Mesir. Mereka diinterogasi selama tiga jam dan dibebaskan setelah pihak KBRI turun tangan.

Marty mengimbau para WNI yang masih berada di Mesir agar terus berhubungan dengan pihak KBRI, sehingga keberadaannya tetap terpantau. Saat ini kondisi Mesir memang belum bisa dibilang aman, meski sejumlah perkantoran dan bank telah beroperasi.

Dari sekitar 6.000 WNI yang berada di Mesir, sekitar 1.200 di antaranya telah dievakuasi dalam tiga gelombang. Pemerintah akan terus mengevakuasi mereka hingga diyakini keadaan di Mesir dinyatakan aman.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.