Sukses

Puncak Menuju Jakarta Satu Arah

Pemberlakuan sistem satu arah dari Puncak menuju Jakarta dimulai pukul 13.57 WIB. Seluruh kendaraan diimbau mempercepat laju untuk mengurangi penumpukan kendaraan.

Liputan6.com, Bogor: Satlantas Kepolisian Resor Bogor, Jawa Barat memberlakukan sistem satu arah menuju Jakarta setelah jalur menuju Puncak kembali dibuka pada Sabtu (1/1) pukul 06.00 WIB. Sistem satu arah diberlakukan karena padatnya arus balik dari Puncak, pascamalam perayaan tahun baru.

Sebelumnya pada malam pergantian tahun jalur menuju Puncak ditutup mulai pukul 20.00 WIB dan kembali dibuka 06.00 WIB. Namun, karena volume kendaraan dari Puncak menuju Jakarta lebih dominan dari arah sebaliknya, polisi memberlakukan one way dari arah Jakarta menuju puncak.

"Tapi, sistem buka tutup tidak mampu mengakomodir jumlah kendaraan. Jadi kita putuskan pada pukul 13.57 WIB sistem one way menuju Jakarta," kata Wakil Kapolres Bogor Komisaris Polisi Dwi Aksomo. Dwi mengatakan, sistem one way untuk mengantisipasi kemacetan dengan mengurangi kepadatan di Puncak.

"Arus balik pascamalam tahun baru ditambah arus libur weekend ini jumlah kendaraan yang melintasi Puncak bisa lebih banyak dibanding tadi malam," katanya. Ia memperkirakan, jumlah kendaraan dari puncak menuju Jakarta mencapai 25 ribu unit. Sebab, jumlah kendaraan pada malam tahun baru yang menuju Puncak mencapai 25 ribu unit.

"Sementara untuk libur "weekend" mungkin tidak sebanyak tadi malam, hanya saja imbas dari arus balik ini menjadi volume kendaraan jadi bertambah," katanya. Pemberlakuan sistem satu arah dari Puncak menuju Jakarta dimulai pukul 13.57 WIB. Seluruh kendaraan diimbau mempercepat perjalanan.(ANT/JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini