Sukses

Penumpang di Cengkareng Melonjak, Waspada Calo!

Sebanyak 1.919.344 penumpang diprediksi akan menggunakan jasa pesawat melalui Bandara Soekarno Hatta (BSH). Para calon penumpang diwanti-wanti menghindari calo yang berkeliaran di bandara .

Liputan6.com, Banten:Natal dan Tahun Baru 2011 biasanya dimanfaatkan untuk berlibur. Sebanyak 1.919.344 penumpang diprediksi akan menggunakan jasa pesawat melalui Bandara Soekarno Hatta (BSH). Para calon penumpang diwanti-wanti menghindari calo tiket .

PT Angkasa Pura II juga membuka posko angkutan Natal 2010. Langkah itu sebagai rangka menciptakan dan meningkatkan pelayanan terhadap penumpang pesawat udara yang lancar, aman, tertib dan nyaman.

Menurut Direktur Utama PT AP II Tri S Sunoko dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Jakarta, Selasa (21/12), jumlah penumpang diprediksi lebih besar 15 persen bandingkan masa yang sama pada tahun sebelumnya. Alhasil, maskapai penerbangan menambah 320 jadwal keberangkatan dari Jakarta ke berbagai tujuan.

Tri Sunoko mengimbau, sebagai antisipasi terhadap lonjakan yang terjadi, seluruh calon penumpang diharapkan datang lebih awal ke bandara sekurangnya dua jam sebelum jam keberangkatan. Penumpang juga diminta untuk menghindari berinteraksi dengan para calo tiket maupun calo taksi ilegal yang tak berstiker resmi.

"Manfaatkanlah konter-konter penjualan tiket resmi dan taksi resmi bandara untuk kenyamanan pelanggan sendiri. Kalau pun ada masalah, mohon segera menghubungi petugas kami di posko-posko informasi yang ada," imbuh Tri Sunoko.

Untuk mengantisipasi lonjakan tersebut, PT AP II juga akan melakukan sejumlah persiapan. Untuk sisi udara (air side), telah disiapkan fasilitas pendukung pemanduan lalu lintas udara, fasilitas take-off/landing, fasilitas pendukung pergerakan pesawat udara di apron termasuk garbarata, peningkatan kapasitas uninterruptible power supply (UPS) dan genset untuk mengantisipasi gangguan pasokan tenaga listrik, serta fasilitas pendukung ground handling.

Sedangkan untuk sisi darat (land side), disiapkan Posko Monitoring dan Pengendalian dan Pengamanan di Terminal 1B dan 2E yang didukung dengan Patroli Mobil Security Bandara dan Bantuan Operasi oleh Polres, Brimob, POM/Garnizun, fasilitas kesehatan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), serta Pramuka. Selain itu, disediakan juga Media Center untuk wartawan dan ruang konferensei pers.

Tak hanya mengantisipasi lonjakan penumpang, Tri menjelaskan, pihaknya juga mengantisipasi terjadinya perubahan jadwal penerbangan akibat pengunduran (delay) maupun pembatalan (cancel)

"Prinsipnya, kami mengupayakan perubahan jadwal yang terjadi akan kami sampaikan secara cepat kepada pelanggan. Dalam hal ini kami akan berkoordinasi dengan pihak maskapai, terutama dalam memenuhi hak penumpang akibat delay atau cancel sesuai ketentuan KM 25/2008, termasuk penyediaan moda darat dan tempat penginapan jika diperlukan," imbuhnya.(MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini