Sukses

Tempat Operasi Mata Ba'asyir Belum Jelas

Abu Bakar Ba'asyir akan menjalani operasi mata. Namun hingga kini tempat dilaksanakannya operasi Ba'asyir belum pasti.

Liputan6.com, Jakarta: Abu Bakar Ba'asyir akan menjalani operasi mata. Namun hingga kini tempat dilaksanakannya operasi Ba'asyir belum pasti. Ba'syir dalam masa tahanan memang mengalami gangguan serius terhadap mata dan lutut.

"Kita saat ini belum dapat memastikan apakah Ba'asyir akan dioperasi di Rumah Sakit Pertamina Pusat (RSPP), karena komunikasi dengan pihak berkompeten berjalan lancar," kata Kuasa hukum Abu Bakar Ba'asyir, M. Luthfie Hakim, saat di Jakarta, Ahad (12/12).

Awalnya, Ba'asyir akan menjalani operasi di RSPP, tapi bila memang ada hambatan maka operasi mata pimpinan Pondok Pesantren Al Mukmin, Ngruki  ini dilaksanakan di Rumah Sakit Aini.

"Kita berharap sore ini sudah ada kepastian tempat Ba'asyir akan menjalani operasinya, kalau bisa lebih cepat pada hari Senin (13/12) operasi sudah dapat dilaksanakan," katanya.

Namun Luthfie tidak menyatakan lebih jelas mengenai apa hambatan yang dialami pihaknya untuk melaksanakan operasi terhadap Ba'asyir di RSPP.

Luthfie mengatakan perlu dipercepatnya operasi terhadap Amir Jamaah Ansharut Tauhid (JAT), lantaran kondisi mata yang mengalami gangguan semakin memburuk dan menyerang syaraf.

Saat ini, Mabes Polri sudah mengeluarkan izin berobat untuk  Ba'asyir di luar Rumah Tahanan Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim). Rencananya Ba'asyir akan dioperasi oleh dokter Isfahani. Permohonan operasi untuk Ba'asyir karena adanya keluhan yang serius pada mata sebelah kiri.

Mata sebelah kiri Ba'asyir hanya bisa melihat cahaya saja, dan kondisi itu sebenarnya sudah dialami sejak enam bulan lalu.  Selain itu, lutut kaki sebelah kirinya juga dikeluhkan sakit. Gangguan fisik yang dialami oleh Ba'asyir, disebabkan kurangnya cahaya di dalam Rutan Bareskrim  tempat Ba'asyir ditahan. (Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini