Sukses

Ribuan Warga Rebutan Demi Setetes Air

Ribuan warga dari berbagai kalangan di Solo, Jawa Tengah, Senin (6/12), berebut air sisa jamasan pusaka di Pura Mangkunegaran. Air ini dipercaya dapat mendatangkan berkah.

Liputan6.com, Surakarta: Ribuan warga dari berbagai kalangan di Solo, Jawa Tengah, Senin (6/12), berebut air sisa jamasan pusaka di Pura Mangkunegaran. Air ini dipercaya dapat mendatangkan berkah.

Ritual, jamasan yang disertai kirab pusaka digelar di Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah, untuk menyambut Tahun Baru Islam atau malam satu Sura. Ribuan warga dari berbagai kalangan langsung merangsek ke depan untuk memperebutkan air sisa jamasan.

Warga yang sudah menunggu sejak Senin (6/12) petang, sudah tak sabar mendapatkan air tersebut. Tak ayal, mereka pun rela berdesak-desakan dengan warga lain demi mendapatkan satu dua tetes air itu.

Tak hanya air sisa jamasan yang jadi rebutan, begitu pula udik-udik atau uang logam yang disebar pihak Puro Mangkunegaran. Alasannya masih sama, berharap mendapatkan berkah.

Kirab ini dilakukan sebagai bentuk mendekatkan diri kepada Tuhan dan introspeksi diri dalam menghadapi tahun yang baru. Ribuan warga terlihat memadati jalan-jalan yang dilalui kirab meski hujan deras sempat mengguyur Kota Solo.

Usai kirab, pusaka-pusaka tersebut dimasukkan kembali ke dalam Pura Mangkunegaran untuk disimpan. Acara diakhiri dengan pembagian makanan atau sesajen sebagai bentuk syukur keluarga Pura Mangkunegaran.(MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini