Sukses

Ada Pameran Bonsai di Pendopo Pemkab Ponorogo

Untuk lebih memasyarakatkan tanaman bonsai, Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) menggelar kontes bonsai di pendopo Pemkab Ponorogo, Jatim. Tanaman yang dinilai baik akan mendapat sertifikasi dari PBBI.

Liputan6.com, Ponorogo: Ada yang berbeda di pendopo Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Kamis (2/12). Ratusan tanaman bonsai tertata menghiasi halaman pendopo. Aneka tanaman ini dibawa para pemilik untuk diikutsertakan dalam pameran yang digelar Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia atau PBBI.

Tak hanya dari Ponorogo, para peserta juga ada yang datang dari Madiun, Magetan, pacitan, Ngawi, hingga Surabaya. Selain untuk lebih mengenalkan dan memasyarakatkan bonsai, pameran ini sebagai ajang kreativitas para penggila bonsai.

Tanaman yang dinilai baik akan mendapat sertifikasi dari PBBI. Sertifikasi nantinya berdampak pada harga jual bonsai. Lalu, apa saja kriterianya? "Keindahan itu identik dengan estetika, estetika itu ada elemen-elemen dasar yang perlu dipenuhi, ada dimensi, gerak, proporsional, dan warna. Kurang lebih ada 12 item yang perlu dipenuhi karya seni bonsai," kata Wawan Sawara, juri pameran bonsar.

Selain kualitas dan mutu, tanaman juga akan dilihat dari segi penampilan, kematangan, serta keserasiannya.(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini