Sukses

Baru Mau Jadi TKI Sudah Menderita

Sejumlah calon tenaga kerja Indonesia (TKI) yang akan mengadu nasib ke luar negeri disekap berbulan-bulan dalam penampungan yang tak layak

Liputan6.com, Jakarta: Sejumlah calon tenaga kerja Indonesia (TKI) yang akan mengadu nasib ke luar negeri disekap berbulan-bulan dalam penampungan yang tak layak. Mereka tak pernah mendapat pelatihan dan tak jelas kapan akan diberangkatkan. Namun mereka diminta membayar jutaan rupiah jika ingin pulang ke rumah.

Sulitnya lapangan pekerjaan, jumlah pengangguran yang terus bertambah, bagi sebagian orang jadi peluang. Yakni peluang usaha penyaluran tenaga kerja atau bisnis TKI. Seperti penampungan TKI di Kramat Jati, Jakarta Timur. Ratusan wanita yang diiming-imingi gaji besar pun terkumpul dari berbagai daerah.

Mereka dijanjikan akan disalurkan menjadi TKI. Namun janji tinggalah janji, hingga dua bulan mereka berada di tempat penampungan tanpa ada kejelasan. Namun mereka tak bisa pulang karena harus membayar.

Selama dua bulan para wanita ini juga mendapat intimidasi. Bahkan pelatihan yang dijanjikan utuk menjadi TKI juga tidak pernah ada.(MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.