Sukses

Infrastruktur Mentawai-Merapi Hampir Pulih

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyatakan infrastruktur telekomunikasi di Mentawai dan Merapi pascabencana hampir pulih.

Liputan6.com, Jakarta: Infrastruktur telekomunikasi di Pulau Mentawai dan sekitar Merapi pascabencana hampir pulih. Demikian diungkapkan Plt. Dirjen Postel Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) M Budi Setiawan di Jakarta, Sabtu (20/11).

"Saat ini infrastruktur telekomunikasi di Mentawai dan Merapi telah pulih meski sempat ada beberapa BTS di dua wilayah yang terdampak bencana itu rusak," jelas Budi. "Dua operator yang beroperasi di Kepulauan Mentawai, yakni Telkom dan Telkomsel, memang sempat down sesaat pascatsunami karena beberapa BTS rusak parah. Namun, perbaikan dan pemulihan dapat secepat mungkin dilakukan."

Selain itu, kata Budi, bantuan dari International Telecommunication Union (ITU) yang menyediakan telepon satelit juga mempermudah pemulihan. "Ini memungkinkan telekomunikasi di Mentawai tidak terlalu terhambat," katanya.

Sementara di Yogyakarta pascaletusan Gunung Merapi, beberapa daerah yang dekat dengan puncak letusan sempat mengalami kesulitan suplai power. Kendati demikian, menurut Budi, infrastruktur cepat pulih karena banyaknya operator yang beroperasi di Kota Gudeg ini.

"Tapi infrastruktur telekomunikasi di Yogyakarta cepat pulih, karena di Yogyakarta hampir semua operator telekomunikasi telah beroperasi di Yogyakarta," kata Budi.(Ant/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini