Sukses

MUI: Pilih Lembaga Zakat Harus Jeli

Iduladha yang dirayakan tidak berbarengan ternyata membawa rejeki buat para pedagang hewan kurban. Umat muslim harus waspada dan jeli memilih lembaga penyaluran hewan kurban yang belakangan banyak bermunculan.

Liputan6.com, Jakarta: Berbeda dengan sebelumnya, tahun ini Iduladha dirayakan tidak berbarengan. Ada yang merayakan pada 16 November. Namun ada pula yang keesokan harinya. Perbedaan ini ternyata membawa berkah bagi para pedagang hewan kurban. Menurut Wari, salah seorang pedagang, Senin (15/11), permintaan hewan kurban naik sekitar 10 hingga 30 persen.

Tingginya pembeli membuat banyak lembaga amil zakat yang menawarkan hewan kurban untuk korban bencana. Sayangnya, tak ada lembaga yang mengatur amil zakat sehingga tidak menutup kemungkinan adanya penyalahgunaan niat donatur. Terkait dengan itu, Majelis Ulama Indonesia mengimbau umat muslim lebih jeli memilih lembaga zakat.

Tujuan berkurban sangatlah mulia, yakni membantu warga lain yang kekurangan. Namun jangan sampai niat berkurban justru berakhir dengan perbuatan jahat segelintir orang.(IAN)
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.