Sukses

Ribuan Hektar Hutan Kina Ditemukan

Ribuan hektare hutan pohon kina ditemukan warga di daerah Rimbacandi, Kelurahan Candijaya, Kecamatan Dempo Selatan, Pagaralam, Sumatera Selatan.

Liputan6.com, Pagaralam: Ribuan hektare hutan pohon kina ditemukan warga di daerah Rimbacandi, Kelurahan Candijaya, Kecamatan Dempo Selatan, Pagaralam, Sumatera Selatan.

"Pohon kina ini diperkirakan sudah berumur seratus tahun lebih, selain diameter mencapai 50 cintimeter dan ukuran batangnya sudah setinggi 15 hingga 20 meter," kata warga setempat, Aris, di Kelurahan Candijaya, Kamis (4/11).

Lokasi hutan kina itu ada di perbatasan antara Kabupaten Muaraenim dan Kaur, Kabupaten Bengkulu Utara. Aris mengatakan, butuh waktu sekitar tiga hingga empat hari untuk mencapai hutan kina itu dengan berjalan kaki, melewati hutan belantara dan perbukitan terjal.

"Kami yakin jika di daerah Pagaralam ada tanaman kina peninggalan zaman Belanda, karena puluhan tahun lalu banyak pedagang dari Pulau Jawa datang ke daerah ini untuk mencari kulit kina sebagai bahan baku obat," katanya.

Menurut Aris, dulu juga pernah ditemukan ratusan hektare hutan jati emas di Dusun Kerinjing, Kecamatan Dempo Utara. Namun hutan itu sudah rusak dirambah sehingga menimbulkan banjir bandang 2001 lalu yang menewaskan 21 warga setempat.  (ANT/MLA)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini