Sukses

Salurkan Bantuan, Kalla Akan ke Mentawai

Rencananya, Ketua Umum Palang Merah Indonesia Jusuf Kalla akan berangkat ke Kepulauan Mentawai untuk menyampaikan langsung bantuan kepada korban tsunami.

Liputan6.com, Jakarta: Bantuan kepada korban gempa dan tsunami di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat terus diterjunkan. Rencananya, Ketua Umum Palang Merah Indonesia Jusuf Kalla akan berangkat ke Kepulauan Mentawai untuk menyampaikan langsung bantuan kepada korban tsunami.

Kalla bersama rombongan relawan PMI akan berangkat dari Kabupaten Mukomuko, Bengkulu menuju kepulauan Mentawai. Mengingat, Mukomuko merupakan jalur alternatif untuk bantuan korban gempa dan tsunami di Mentawai, Sumatera Barat.

Jarak Mukomuko ke Mentawai bisa ditempuh dalam waktu 30 menit dengan menggunakan helikopter. Kondisi ini lebih cepat setengah jam dibandingkan jalur dari Padang, Sumatera Barat, Ahad (31/10).

Selain itu, PMI akan mengerahkan helikopter untuk operasional tanggap darurat bencana tsunami. "Ada banyak wilayah terpencil di Kepulauan Mentawai yang belum terjangkau. Sementara itu, dikhawatirkan ada banyak warga korban tsunami yang butuh bantuan. Untuk mendukung layanan bantuan kemanusiaan, PMI mengerahkan 4 unit helikopter untuk dimobilisasi membantu korban tsunami di Kepulauan Mentawai," ujar Pengurus Pusat PMI Bidang Penanggulangan Bencana Sumarsono, seperti lansir di situs PMI.

Rencananya, tim helikoter PMI akan segera menuju Sikakap di Pagai Utara, Mentawai. Lokasi ini adalah basecamp para relawan dan pos distribusi bantuan PMI.

Berdasarkan data yang dilansir dari Posko Penanganan Tsunami Kecamatan Sikakap, Pagai Utara per 30 Oktober 2010, sebanyak  413 warga meninggal dunia, 270 luka berat, dan sekitar 140 orang mengalami luka ringan karena bencana tsunami menerjang Kepulauan Mentawai. Proses evakuasi dan distribusi bantuan terus dilakukan oleh para relawan PMI di sana. (MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini