Sukses

<i>Siat Geni</i>, Ritual Tahan Api

Warga desa adat Pekraman Tuban, Kuta, Bali, menggelar tradisi <i>Siat Geni</i> atau perang api untuk mengasah keberanian para pemuda terhadap api.

Liputan6.com, Denpasar: Warga desa adat Pekraman Tuban, Kuta, Bali, menggelar tradisi Siat Geni atau perang api setiap satu tahun sekali, Jumat (22/10). Tradisi yang digelar bertepatan dengan upacara Odalan di Pura Puseh Dalem Kahyangan itu bertujuan mengasah keberanian pemuda terhadap api.

Sebelum mengikuti Siat Geni, para pemuda terlebih dahulu mengikuti ritual penyucian di pura dengan mendapatkan tirta atau air suci. Kemudian mereka mengambil serabut kelapa yang membara dan saling memukulkannya satu sama lain.

Meski percikan bara api menyentuh kulit, para pemuda desa adat Tuban mengaku tidak merasakan sakit karena sudah mendapat tirta. Made Madra, salah satu warga Tuban menuturkan, tradisi itu dijalani dengan penuh rasa persaudaraan tanpa dendam dan amarah.(WIL/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.