Sukses

Acara Puncak Tari Topeng Digelar

Sang maestro tari topeng, Wiroto memimpin rekan-rekannya menampilkan tarian topeng lima ekspresi di acara puncak Festival Topeng Nusantara 2010.

Liputan6.com, Kuningan: Panggung megah di Panggung Budaya Cilimus 1928 di Prima Resor Sangkanhurip, Kuningan, Jawa Barat, telah disiapkan. Nantinya di panggung ini ditampilkan beberapa tarian topeng andalan dari delapan provinsi. Di antaranya dari Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat, Bali, dan Sumatra Utara.

Acara tarian topeng dimulai Sabtu (16/10) pukul 19.00 WIB. Sang maestro tari topeng, Wiroto memimpin rekan-rekannya menampilkan tarian topeng lima ekspresi. Bagi Wiroto, menampilkan kesenian ini adalah sebuah tantangan. "Topeng itu ada suatu sejarah yang panjang. Dan bagi saya masih misterius, masih menjadi sumber kreativitas, sumber penciptaan yang tiada habisnya," tutur Wiroto.

Menurut Wiroto, dari acara Festival Topeng Nusantara 2010 ini menjadi cikal bakal didaftarkannya seni topeng menjadi warisan budaya di UNESCO, Lembaga Perserikatan Bangsa-Bangsa yang membawahi masalah kebudayaan. "Terpaksa kita harus mendaftarkan karena nanti kalau tidak, diakui negara lain nanti ribut," ucap Wiroto.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini