Sukses

Singa Barong Pimpin Kirab Festival Topeng

Kereta Singa Barong pimpin Kirab Festival Topeng Nusantara 2010. Kirab dimulai di Keraton Kasepuhan Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (16/10),

Liputan6.com, Cirebon: Kereta Singa Barong pimpin Kirab Festival Topeng Nusantara 2010. Kirab dimulai di Keraton Kasepuhan Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (16/10), dan dibuka langsung oleh Sultan Kasepuhan PRA Arief Natadiningrat.

Singa Barong adalah kereta kesultanan yang dibuat pada 1549 M. Bentuknya unik karena terdiri dari kepala naga, badannya bersayap seperti burung, dan memiliki belalai layaknya seekor gajah.

Bentuk Singa Barong juga dianggap mencerminkan keterwakilan tiga agama, yakni Islam, Hindu, dan Budha. Ketiga agama itulah konon yang banyak nemberi pengaruh pada masyarakat daerah Cirebon pada zaman dulu.

Namun, dalam kirab kali ini, kereta yang dipakai adalah duplikat yang dibuat pada 1946. Sedangkan kereta Singa Barong yang asli disimpan di keraton dan terakhir digunakan pada 1942.(ULF/MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.