Sukses

Orang Utan Sitaan Akan Dilepas

Untuk menyelamatkan dan melestarikan orang utan dari kepunahan, Yayasan Penyelamatan Orang Utan Borneo merencanakan segera melakukan pelepasliaran hewan tersebut ke habitat aslinya. Namun kegiatan ini terkendala biaya yang mencapai jutaan dolar AS.

Liputan6.com, Balikpapan: Sebagian orang utan hasil sitaan atau penyerahan dari masyarakat direhabilitasi di tempat rehabilitasi orang utan Samboja Lestari, Kalimantan Timur. Orang utan ini nantinya akan dilepaskan kembali ke habitat aslinya di hutan Kalimantan. Untuk tahap pertama sebanyak 127 ekor orang utan siap dilepasliarkan Februari tahun depan. Sisanya sebanyak 189 orang utan akan dilepas April 2011.
 
Untuk melepasliarkan orang utan Yayasan Bos Indonesia memerlukan dana sebesar empat hingga lima juta dolar Amerika Serikat. Karena itu pihak yayasan ingin bertemu dengan sejumlah lembaga donor dari Jerman, Kanada, Australia, Swiss, dan Jepang membahas langkah-langkah pendanaan dan penyelamatan spesies primata yang berada diambang kepunahan.

Lembaga donor di luar negeri yang dibentuk oleh Yayasan Bos atau Bos Sister umumnya menyambut baik dan akan terus mendukung kegiatan ini.

Selama ini upaya pelepasan kembali orang utan selalu terhalang masalah dana, habitat, dan area hutan yang sesuai dengan habitat hewan tersebut. Apalagi aksi penebangan liar atau illegal loging juga marak terjadi. Karena itu dibutuhkan keseriusan pemerintah untuk dalam menyelamatkan kelangsungan hewan yang 90 persen wajahnya mirip manusia ini.(IAN)
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini