Sukses

Keluarga Cendana Gelar Bedah Bumi

Keluarga Cendana menggelar prosesi bedah bumi mengawali seribu hari almarhum Soeharto di kompleks pemakaman keluarga Astana Giribangun, Karanganyar, Jawa Tengah.

Liputan6.com, Karanganyar: Sejak Senin (11/10) kemarin, keluarga Cendana menggelar prosesi bedah bumi mengawali seribu hari wafatnya mantan Presiden Soeharto di kompleks pemakaman keluarga Astana Giribangun, Karanganyar, Jawa Tengah. Selain warga sekitar, tradisi tersebut dihadiri tiga anak almarhum. Mereka adalah Hutomo Mandala Putra alias Tommy, Siti Hediyati atau Titik, dan Siti Hutami Endang Adiningsih atau Mamiek.

Tradisi ini dihadiri sejumlah pejabat setempat dan Bupati Karanganyar Rina Iriani Sri Ratnaningsih dan Bupati Wonogiri Begug Purnomosidi. Prosesi bedah bumi diawali dengan tahlilan, doa bersama, dan dilanjutkan pemasangan fondasi makam. Rencananya akan ada pemasangan nisan pada puncak perayaan.

Saat disinggung tentang usulan gelar pahlawan nasional dari sejumlah elemen masyarakat, putra bungsu almarhum, Hutomo Mandala Putra menyatakan, keluarga Cendana menghormati dan tidak akan melakukan intervensi. Menurut Tommy Soeharto, penganurgrahan gelar pahlawan nasional hanya tinggal persoalan waktu mengingat jasa serta pengabdian almarhum sejak kemerdekaan hingga akhir hayatnya.

Usai menggelar tradisi bedah bumi, pihak keluarga akan menggelar malam tahlilan seribu hari di lima tempat sekaligus. Yakni di tempat kelahiran Pak Harto di Kemusuk, Bantul; Ndalem Kalitan di Solo; Masjid At-Tin di Jakarta; Monumen Jateng di Karanganyar yang merupakan rumah tempat kelahiran Ibu Tien Soeharto; dan Astana Giribangun.(IDS/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini