Sukses

Dulu Angkot, Sekarang Motor

Di Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung, sarana angkutan umum seperti angkutan kota tak bisa ditemui. Yang terlihat lalu lalang di jalanan hanya sepeda motor dan sejumlah mobil pribadi.

Liputan6.com, Pangkalpinang: Sebagai sebuah kabupaten yang sedang berbenah untuk menjadi daerah tujuan wisata baru, Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung, terbilang unik. Bayangkan, sarana angkutan umum seperti angkutan kota tak bisa ditemui. Yang terlihat lalu lalang di jalanan hanya sepeda motor dan sejumlah mobil pribadi. "Angkutan umum memang tidak populer di Belitung," ujar Zakina, staf Humas Pemkab Belitung.

Menurut wanita berkerudung ini, Belitung bukannya tidak pernah punya angkutan perkotaan. Sekitar tahun 2000 silam, pemerintah setempat pernah menyediakan angkutan umum. Namun, tak banyak warga Belitung yang memanfaatkan moda ini. Dari tahun ke tahun nasib angkutan kota ini makin tak menentu, bahkan nyaris merugi. Akhirnya, sekitar 2006 keberadaan angkutan ini dihapuskan. Jadilah Belitung menjadi kota yang tanpa angkutan umum.

Kini, jika orang luar datang ke Belitung, saat tiba di Bandar Udara HAS Hanandjoedin, masalah mulai muncul karena ketiadaan angkutan umum atau taksi. Kalaupun ada kendaraan yang datang menjemput di bandara, umumnya mereka adalah wisatawan yang ikut dengan agen perjalanan wisata. Ini pula yang sedikit menghambat tumbuhnya pariwisata Belitung yang sedang digenjot pemerintah setempat.

Kini, menurut Zakina, pihak Pemkab Belitung sedang mengkaji kembali bentuk transportasi umum yang tepat untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. "Jika yang dulu gagal, harus diciptakan bentuk sarana transportasi baru yang lebih tepat untuk wilayah Belitung," kata Zakina. Dan, Belitung pun terus berbenah. (ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini