Sukses

Bayi Banteng Langka Dipamerkan

Koleksi satwa di Taman Safari Indonesia Dua Prigen Pasuruan, Jatim, bertambah. Salah satu induk banteng Jawa melahirkan anak pertamanya.

Liputan6.com, Pasuruan: Bayi banteng Jawa atau bos javanicus diperlihatkan pada pengunjung Taman Safari Indonesia Dua Prigen Pasuruan, Jawa Timur, Selasa (5/10). Hampir sepekan bayi banteng tersebut berada di area khusus perawatan satwa.

Banteng yang belum diberi nama itu lahir dari induk bernama Andien dan pejantan bernama Silir. Setelah sembilan bulan dalam kandungan, bayi jantan itu lahir pada 23 September dengan berat 3,5 kilogram.

Bagi Taman Safari Indonesia Dua Prigen Pasuruan, kelahiran itu merupakan penambahan koleksi satwa langka. Jumlah populasi banteng Jawa selama ini diketahui tinggal 300 ekor. Jumlah itu menurun akibat perburuan liar dan perusakan alam. Di taman tersebut, jumlah banteng Jawa sebanyak 22 ekor.

Hingga kini, hewan yang habitat aslinya di ujung timur Pulau Jawa itu belum ada yang mengadopsi. Biasanya pengadopsi berasal dari pengunjung yang bersedia membantu pembiayaan hidup sang bayi banteng.(OMI/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini